LISENSI KEBERLANJUTAN USAHA EKONOMI BERBASISKAN AIR: SEBAGAI UPAYA DALAM MENCIPTAKAN PENDAPATAN UNTUK PEMBIAYAAN IRIGASI DI SUMATERA BARAT

Faidil Tanjung

Abstract


The irrigation management turnover to P3A (Water User Association), as stated in PP (Government Regulation) 77/2001 on ‘Irrigation’, had taken placed with conditions of heavy tasks of operation and maintenance (OM) of irrigations as well as its irrigation charges, which had been to cope with by farmers. It is important to catch a lesson how to find internal funding sources for OM of irrigations in order to have irrigation sustainable by developing irrigation water-base businesses (IWBB). Conducted in the area of Gunung Nago Irrigation System by 2003, the research deals with: (1) the opportunity of P3A to transform environments that may create and maintain IWBB; (2) the assuredness of IWBB activities within irrigations; (3) the factors influencing IWBB to support irrigation financing; and (4) recommendation on irrigation funding strategy.

 

Kata Kunci: pembiayaan irigasi, lisensi usaha ekonomi berbasiskan air. 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ambler, John S. 1989. “Dinamika Irigasi Petani: Kerangka dan Prinsip-prinsip Kelembagaan Pengelolaan Air Irigasi Tradisional di Indonesia.” Makalah Network. PSI-Unand Padang.

Asnawi, Sjafjan. 1990. “Iuran Pelayanan Iri-gasi (IPI): Permasalahan dan Gagasan Pemecahannya.” Pusat Studi Irigasi (PSI) Unand Padang.

Bromley, Daniel W, D.C. Taylor, dan D.E, Parker. 1988. “Ekonomi Pembaharuan Air: Aspek Kelembagaan Untuk Penge-lolaan Air yang Diperbaiki di Negara Yang Sedang Berkembang. Dalam Effendi Pasandaran dan Donald C, Taylor (ed) Irigasi Kelembagaan dan Ekonomi.” Jakarta: Penerbit Grame-dia.

Departemen Dalam Negeri, 1992. “Peraturan Menteri Dalam Negeri 6/1992 tentang Iuran Pelayanan Air Irigasi.” Depdagri, Jakarta.

Febriamansyah, Rudi dan Martius, Endry. 1989. “Panduan Pelaksanaan In Depth Survey.” Bahan Dipersiapkan untuk Latih-an Action Group Sumatera Barat. Pusat Studi Irigasi (PSI) Universitas Andalas. Padang.

Febriamansyah. Rudi. 1996. “Meningkatkan Manfaat Air Irigasi dan Menjamin Keberlanjutan Sistem Irigasi.” Dalam Prosiding Lokakarya Rancang Bangun dan Manajemen Irigasi Mendukung Sistem Usahatani Rakyat Yang Berori-entasi Agribisnis dan Agroindustri. Fa-kultas Teknologi Pertanian UGM, Yog-yakarta.

Helmi, 1989. “A Study of Rule of the Irriga-tion Agency (PU) InThe Development at Small-Scale System in West Sumatra Indonesia.” Masteral Thesis. Ateneo University.

-------, 1995. “Menyokong Organisasi Petani untuk Pengelolaan: Dari Berorientasi Operasi dan Pemeliharaan (OP) Menu-ju Berorientasi Bisnis.” Terjemahaan oleh Febriamansyah dalam Visi Irigasi Indonesia, No. 10, 1995. PSI Unand. Padang.

-------, 2001. “Pembaharuan Kebijakan Pe-ngelolaan Irigasi.” Makalah pada Pela-tihan Tenaga Pendamping Petani di Batusangkar Sumatera Barat.

Korten, Frances F. 1988. “Perbandingan Konteks Kebijaksanaan Organisasi Pe-makai Air di Empat Negara di Asia Tenggara.” Prisma Tahun XVII. 2. Jakarta.

Maad, Faisal. 1989. “Ipair dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Petani dalam Pembayarannya; Kasus Pada Daerah Irigasi Gunung Nago Kotamadya Pa-dang.” Tesis Master pada Program Pas-casarjana Unand Padang.

Martius, Endry. 1996. “Penyesuaian Manaje-men dan Tantangannya di Sumatera Barat: Dari Berorientasi Monokultur Padi ke MultiTanaman.” Dalam Prosi-ding Lokakarya Rancang Bangun dan Manajemen Irigasi Mendukung Sistem Usahatani Rakyat Yang Berorientasi Agribisnis dan Agroindustri. Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Yogyakarta.

Osmet. 1996. “Iuran Petani dan Pekerja Pe-ngelola Sebuah Pilihan Potensial un-tuk Sistem Pengelolaan Irigasi Petani.” Dalam Prosiding Loakarya Rancang Bangun dan Manajemen Irigasi Men-dukung Sistem Usahatani Rakyat yang Berorientasi Agribisnis dan Agroindus-tri. Fakultas Teknologi Pertanian UGM. Yogyakarta.

Pasandaran, Effendi. 1986. “Eksploitasi dan Pemeliharaan Sistem Irigasi: Masalah dan Alternatif Pendekatan.” Makalah dipresentasikan pada Seminar LP3ES. Jakarta.

Small, Leslie E. 1988. Alternatif Pembiayaan Proyek-Proyek Irigasi di Indonesia: Strategi Pengembangannya (ed) oleh Effendi Pasandaran. Jakarta: LP3ES.

Tanjung, F. 1992. “Pengelolaan dan Permasa-lahan Iuran Pelayanan Air Irigasi: Kasus Irigasi Pompa V (P3A Alam Bakti) Pompanisasi Sumani Kabupaten Solok.” Skripsi Fakultas Pertanian Unand Padang. Tidak Dipublikasikan.

Tanjung. F. 2001. “Diversifikasi Penggunaan Air Irigasi Dalam Mendukung Ketahanan Pangan: Inovasi Tiada Henti.” Semiloka Ketahanan Pangan. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Agribisnis Kerakyatan